Pemeliharaan Mata

Kira-kira 80 % dari efisiensi kerja kita sehari-hari, terletak pada penggunaan mata. Mengingat besarnya ketergantungan kita pada mata, maka mata merupakan modal berharga yang perlu dipelihara secara baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan mata yaitu sebagai berikut : 

Debu pada mata. Masuknya debu, butiran-butiran kecil pasir dan serangga kecil ke dalam mata merupakan kejadian yang sering kita alami. Rasa sakit yang disebabkan masuknya partikel-partikel ke dalam mata, memberi peringatan kepada kita agar segera membuangnya.  Dalam  hal  ini  mata  biasanya mengeluarkan air mata. Dalam usaha untuk mencuci dan membuang partikel-partikel yang masuk ke dalam mata, pergunakan kapas, dengan cara membawa partikel ke sudut mata dan jangan digosok, kemudian keluarkan, dan ini merupakan cara refleksi organ tubuh kita sendiri untuk melindungi mata. 

Sinar. Secara otomatis mata menyesuaikan diri dengan bermacam-macam sinar sebagai bagian dari fungsi kodratnya. Namun demikian, untuk  menjaga kesehatan mata hendaknya diperhatikan hal-hal berikut: jangan membaca atau menulis dengan sinar yang kurang terang atau dengan sinar matahari langsung yang menyilaukan. 

Sinar buatan harus diarahkan dari belakang dan meluncur turun dari belakang melalui bahu kiri. Arah sinar tidak boleh menyorot lurus dipantulkan dari permukaan yang rata seperti pasir dan air. Sinar matahari dapat menyebabkan tekanan pada mata, membuat mata jadi lelah dan kepala menjadi pusing. Sebab itu bantulah mata dengan mengenakan kacamata yang benar-benar baik seperti kacamata polaroid (polarized sun glasses) yakni kacamata hitam yang mampu menyarig sinar matahari. Jangan memandang langsung ke matahari, karena sinar ultra violet dari matahari dapat membakar kornea mata. 

Eyestrain atau rasa tertekan pada mata. Rasa tertekan pada mata dapat disebabkan karena penyinaran yang jelek, terlalu banyak membaca, lelah, keadaan udara yang tidak sehat, mandi matahari, naik motor atau mobil terlalu lama. Dalam satu hari membaca, otot mata mungkin tegang dan kendor kira-kira 100.000 kali, demikian pula jika melihat televisi, hal ini akan menyebabkan mata menjadi tegang dan lelah. 

Untuk menghindari hal tersebut, hindarilah cahaya yang terlalu terang, jangan biarkan sinar memantul langsung ke mata dari gambar televisi, jangan duduk terlalu dekat dari layar televisi, dan pada waktu melihat televisi pandangan lurus setinggi mata. Buang pandangan mata sekali-kali dari layar televisi untuk menghindari ketegangan karena memandang gambar terus-menerus. Tekanan mata akan segera hilang setelah tidur dengan nyenyak pada malam hari. 

Mandi mata dengan lotion yang baik dan khusus untuk mata dapat meringankan mata yang lelah dan menghilangkan rasa sakit. Selain itu tekanan mata dapat disebabkan oleh pandangan mata yang tidak terduga-duga, kesehatan yang kurang baik, dan tekanan emosi. 

Bloodshat eyes atau alur-alur darah di mata. Alur-alur darah di mata disebabkan karena dingin atau inflammation. Menghindari alur-alur darah di mata dapat dihindari dengan istirahat sebayak-banyaknya atau tidur nyenyak pada waktu malam hari. Untuk mengatasi alur-alur darah di mata, gunakan masker mata dan obat  tetes  mata (eye  bath).  Selama  mengalami  bloodshat  eyes,  hindari pemakaian mascara, eyeliners atau eye shadow, karena dapat menambah parah kondisi mata yang sedang sakit. 

Perawatan  mata  dapat  juga  dilakukan dengan  menggunakan bahan-bahan alami seperti teh celup atau teh kantung yang berkhasiat mengurangi bengkak dengan cara mengompreskan teh celup yang telah direndam semalaman pada kelopak  mata  yang  terpejam  selama lebih kurang 10  menit. Susu  cair, kandungan lemaknya dapat mengatasi mata yang tampak kuyu karena terlalu lelah atau kurang tidur. 

Celupkan kapas pada susu segar dan peras kemudian tempelkan pada kelopak mata selama lebih kurang 10 menit dan bersihkan dengan air hangat, kemudian basuh sekali lagi dengan menggunakan air dingin. Kentang, dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di seputar mata dan kantung mata yang kerap muncul jika kurang tidur. Parut sebuah kentang dan hasil parutannya bungkus dengan kain kasa kemudian letakkan di atas kelopak mata, biarkan selama lebih kurang 20 menit dan bersihkan dengan pembersih khusus untuk mata.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemeliharaan Mata "

Posting Komentar

CONTACT US

×